Strategi Pengembangan Program Studi Berbasis Kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan pada Program Studi Teknik Industri XYZ

Main Authors: Marfuah, Umi, Casban, Casban, Dewiyani, Leola, Rahmawati, Rani Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Jakarta , 2021
Online Access: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/11466
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/11466/6513
Daftar Isi:
  • Program Studi Teknik Industri (PSTI) berkomitmen untuk mengembangkan institusi secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dunia industri, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian (1) Menentukan tingkat kepentingan komponen mutu (2) Menganalisis rumusan peta strategi (3) Menganalisis pencapaian kinerja mutu. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Analisis berdasarkan balance scorecard melalui tahapan menentukan dalam empat perspektif, menentukan indikator kinerja kunci (IKK), menghitung bobot, penyusunan peta strategi dan pengukuran kinerja. Hasil penilaian tingkat kepentingan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mendapatkan nilai pembobotan sebesar 0.498, perspektif proses bisnis internal sebesar 0.251, perspektif pelangan sebesar 0.165 dan perspektif finansial sebesar 0.086. Peta strategi PSTI memfokuskan dengan sasaran strategis peningkatan jumlah dosen yang mendapat hibah penelitian DIKTI, peningkatan jumlah publikasi hasil penelitian, peningkatan kesesuaian materi ajar, mengundang tenaga pakar dan peningkatan jumlah evaluasi kurikulum. Pencapaian kinerja mutu PSTI secara keseluruhan cukup baik dengan melakukan perbaikan kinerja pada IKK yang pencapainnya dibawah target.