PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegalrejo No.98 SurakartaTahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: M. Ismail Sriyanto, Elyn Ekawati, Suharno,
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11967
Daftar Isi:
  • Abstract:This study aims to apply cooperative learning model of Course Review Horay (CRH) type to improve comprehension reading skill. This classroom action research has been carried out in three cycles. Subjects of this study were homeroom teacher and third grade elementary school students in a state elementary school in Surakarta city, with 31 students of the amount. This research uses data analysis technique of interactive analysis model (Miles & Huberman), those are, data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing. This study uses observation data collection techniques, interviews, tests and documentation. The result of the research explains that the average value of pre-action class is 45,12 and student's classical completeness value is 9,67%, then in cycle I, it increased in class average value that is 58,70 and its classical mastery value is 19,35% and it increased again to 71,06 with the classical completeness is 54,83% in cycle II, and it increased again in the third cycle of 85,88 with 90,32% classical completeness. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of cooperative learning model Course Review Horay (CRH) type can improve reading comprehension skills in third grade students of a state elementary school in Surakarta in the 2017/2018 school year. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek pada penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas III SD di salah satu SD N di Kota Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif (Miles & Huberman) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai rata-rata kelas pratindakan adalah 45,12 dan nilai ketuntasan klasikal siswa adalah 9,67%, kemudian pada siklus I meningkat di nilai rata-rata kelas yaitu 58,70 dan nilai ketuntasan klasikalnya adalah 19,35%, dan meningkat lagi menjadi 71,06 dengan ketuntasan klasikalnya adalah 54,83% pada siklus II, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 85,88 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III salah satu SD N di Kota Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay, Keterampilan Membaca Pemahaman