PENERAPAN PERIKLANAN DI INTERNET DAN PEMASARAN MELALUI E-MAIL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI WILAYAH DEPOK
Main Author: | Mujiyana, Mujiyana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding KOMMIT
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/kommit/article/view/641 http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/kommit/article/view/641/562 |
Daftar Isi:
- Dewasa ini peran internet bukan hanya sebagai sarana mencari informasi, tapi juga mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan, khususnya periklanan. Bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), media periklanan melaluiinternet di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal bahkan masih relatif kecildan cenderung jauhdarisentuhan teknologi informasi yang mendukung kegiatandanoperasional perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Konsep model penelitian iniadalah menguji kebenaran daru suatu hipotesis. Dalam penelitian ini telah dilakukan tiga tahapan selama tiga tahun berturut-turut, tahun pertama menguji manfaatpenggunaaninternet untuk periklanan bagi UMKM, tahunkedua membangun dan mengembangkan portal situs web untuk periklanan produkUMKM, dan tahunketiga mengukur pengaruhperiklananmelaluiinternet bagiUMKM. Hasil penetilian dan kajian ini adalah produkteknologi infomasi yang dapatdimanfaatkan dalam pengelolaan usaha kecil,baik dari sisi kepentingan pelaku usaha maupun pihak terkait dalam pemberdayaan usaha kecil, dalam bentuk portal E-marketing yang dikelola oleh instansipemerintah dan pihak asosiasi usaha kecil diwilayah kota Depok. Portal yang telah dibangun dapat diakses melaluihttp://www.gunadarma.ukmdepok.com