HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATANG DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSUD BENGKAYANG
Main Author: | ., Agung Anggara Lukmenda |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal ProNers
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/27299 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/27299/75676577773 |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang dapatmemuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai tingkat kepuasan rata-ratapenduduk, Penyelenggaraannya juga harus sesuai dengan standar dan kode etik profesi yangtelah ditetapkan. Tujuan : Untuk mengetahui “Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasanpasien pengguna BPJS diruang rawat inap rumah sakit umum daerah Bengkayang” Metode : Desain Komparatif (comparative study) dengan menggunakan pendekatan crosssectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling dengan metodeincidental sampling. Jumlah responden 85 orang. Uji statistik yang digunakan adalah chi-square. Hasil : Didapatkan p value = 0,024 (p<0,05) artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanankesehatan dengan tingkat kepuasan pasien. Dari 5 dimensi (Tangibility, Reliability, Responsives,Assurance, Emphaty), dimensi yang dominan yaitu Reliability dan assurance menunjukantingkat kualitas pelayanan rumah sakit yang baik sebanyak (64,7%), dan yang dominandikeluhkan kurang baik yaitu dimensi Emphaty sebanyak (49,4%) Kesimpulan : Terdapat Hubungan antara kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pasienpengguna BPJS di ruang rawat inap RSUD Bengkayang-Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan, BPJS