PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE CTL PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/201

Main Author: ., Sumiasih
Other Authors: UNWIDHA
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: PROCEEDING , 2015
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/477
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/477/415
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan metode metode CTL siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, guru bena-benar melaksanakan prinsip belajar yang menekankan pada keaktifan siswa. Saat diskusi seharusnya guru memberikan komentar atau pujian. Materi pembelajaran terdapat ketidaksesuaian antara RPP dengan materi saat KBM. Dalam melaksanakan metode CTL guru belum memahami benar langkah-langkahnya. Media pembelajaran tidak digunakan. Pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran itu dilakukan pada pertemuan pertama dengan bentuk penilaian pengamatan dan hasil membuat kerangka karangan dan setelah karangan itu jadi. Hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran adalah berupa kegaduhan yang ditimbulkan. Juga kurang aktifnya siswa di dalam diskusi. Media pembelajaran yang memerlukan alat-alat modern seperti LCD, komputer atau laptop belum efektif dipakai. Belum ada fasilitas sumber belajar