METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD

Main Author: Nugrahaningsih, THERESIA Kriswianti
Other Authors: UNWIDHA
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: PROCEEDING , 2012
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/296
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/296/245
Daftar Isi:
  • Makalah ini merupakan penelitian awal dari penelitian yang berjudul PengembanganModel dan Perangkat PembelajaranMatematika yang Bermuatan Nilai-nilai dan Melibatkan Metakognisi untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Penelitian awal ini untuk mengetahui profil pembelajaran matematika di SD dan profil metakognisi siswa SD dalam memecahkan masalah matematika. Menurut penelitian terdahulu tentang profil metakognisi siswa SMA, disimpulkan bahwa siswa yang tidak dapat memanfaatkan metakognisinya dengan baik, tidak dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik pula. Karena dalam menyelesaikan masalah matematika, apabila memanfaatkan metakognisi hasilnya akan lebih baik, maka perlulah melatih siswa untuk memanfaatkan metakognisi lebih dini. Untuk itu perlu dilakukan penelitian di SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif. Pengumpulan data untuk pembelajaran matematika dilakukan dengan pengamatan pelaksanaan pembelajaran, angket untuk guru dan wawancara terhadap guru. Sedangkan untuk proses berpikir siswa dilakukan dengan cara pemberian tugas pemecahan masalah dan wawancara terhadap siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dari 4 SD Negeri dan 4 SD swasta di Kabupaten Klaten. Siswa dipilih dari kelompok atas dan kelompok bawah siswa kelas V di masing-masing SD. Penentuan subjek penelitian dilakukan berdasarkan dokumentasi nilai dan wawancara dengan guru. Penelitian ini menghasilkan profil pembelajaran matematika di SD dan proses metakognisi siswa SD dalam pemecahan masalah matematika. Kata-kata Kunci: Proses Metakognisi,Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Matematika