Terapi supportif dan psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman diri pada penderita skizofrenia paranoid

Main Author: K. S. Pilpala, Triharim
Other Authors: University of Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi , 2013
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/pskip/article/view/1376
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/pskip/article/view/1376/1470
Daftar Isi:
  • Problem schizophrenia paranoid di rumah sakit jiwa banyak dijumpai. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan psikoterapi suportif dan psikoedukasi keluarga dilakukan pada pasien yang mengalami Schizophrenia Paranoid. Studi kasus ini melibatkan 1 pasien yang memenuhi kriteria schizophrenia paranoid. Instrumen adalah observasi, wawancara dan tes psikologi (Rorschach). Intervensi dalam studi kasus dilakukan dalam 3 tahapan yaitu initation, working process, dan evaluasi. Hasil intervensi menunjukkan pasien belum mampu memberikan perubahan yang signifikan serta belum adanya keinginan untuk mengontrol suara-suara yang menggangunya.Kata kunci: Terapi suportif, psikoedukasi keluarga, schizophrenia paranoid