Token Economy untuk meningkatkan atensi pada anak Attention Deficit Disorder

Main Author: Rizki Rahmawati, Karina
Other Authors: University of Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi , 2013
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/pskip/article/view/1374
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/pskip/article/view/1374/1468
Daftar Isi:
  • Anak dengan tipe gangguan atensi akan sulit fokus pada sesuatu atau akan cepat merasakan kebosanan dengan pekerjaan hanya dalam beberapa menit saja, mudah melamun, cepat panik atau bingung, lambat dan tidak luwes. Saat anak ADD mengikuti pendidikan formal, mulai banyak muncul kesulitan pada anak terutama terkait dengan kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas sekolah. Asessmen dengan menggunakan metodi observasi dan wawancara. Intervensi dilakukan yang diberikan kepada klien berupa teknik token economy (penguatan positif) untuk meningkatkan atensi. Hasil intervensi menunjukkan adanya peningkatan atensi anak yang berarti bahwa penerapan teknik token economy dapat meningkatkan atensi dalam mengerjakan tugas sekolah pada anak ADD.Kata kunci: Token economy, meningkatkan atensi, attention deficit disorder