PENGARUH PERSEPSI PEMBELI MENGENAI KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, ALTERNATIF PERSEPSIAN, KUALITAS PERSEPSIAN, DAN KINERJA JASA PADA KEPUASAN DAN LOYALITAS PEMBELI
Main Author: | Kusumastuti, Aprillia Elly |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PRESTASI
, 2012
|
Online Access: |
http://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id/index.php/prestasi/article/view/4 http://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id/index.php/prestasi/article/view/4/4 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji model struktural yang menggambarkan pengaruh faktor lingkungan pada kepuasaan dan loyalitas pembeli. Menggunakan data survei cross-section organisasi pembeli dalam model persamaan struktural untuk menguji keterkaitan persepsi pembeli mengenai ketidakpastian lingkungan, alternatif persepsian, kualitas persepsian, kinerja jasa, kepuasan, dan loyalitas pembeli terhadap provider. Responden penelitian ini adalah unit bisnis komersial pengguna ISP sebagai fasilitas pendukung bisnis utamanya. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sejumlah 220 responden. Analisis data penelitian yang digunakan adalah model persamaan struktural dengan program aplikasi AMOS. Hasil evaluasi model dengan beberapa kriteria Goodness of Fit Indices menunjukkan hasil yang baik, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penelitian ini mendukung model yang menunjukkan pengaruh antara persepsi pembeli mengenai ketidakpastian lingkungan, alternatif persepsian, kualitas persepsian, kinerja jasa, kepuasan, dan loyalitas pembeli.Kata kunci: perception of environmental uncertainty, perceived alternatives, perceived quality, service performance, satisfaction, and loyalty.