PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA PRIA DAN WANITA YANG MEMPELAJARI DAN YANG TIDAK MEMPELAJARI ALAT MUSIK PIANO

Main Authors: ., Khaterina, Garliah, Lili
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Predicara , 2012
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/predicara/article/view/529
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/predicara/article/view/529/292
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah perbedaan kecerdasan emosi pada pria dan wanita yang mempelajari dan yang tidak mempelajari alat musik piano. Penelitian ini menggunakan factorial design dan menghasilkan tiga kesimpulan penelitian, yakni hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosi antara subjek pria dan wanita, yang kedua menunjukkan ada perbedaan kecerdasan emosi antara subjek yang mempelajari musik (piano) dengan yang tidak mempelajari musik (piano) dan yang ketiga tidak ada efek interaksi antara jenis kelamin (pria dan wanita) dan keikutsertaan dalam mempelajari alat musik piano atau tidak terhadap kecerdasan emosi. Kata Kunci : kecerdasan emosi, jenis kelamin, keikutsertaan dalam mempelajari alat musik (piano)