THE ANALYSIS OF EFL LEARNING STRATEGY OF THE VISUALLY IMPAIRED JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SLB NEGERI 1 DENPASAR

Main Authors: Setyawati, Ni Made Yuni, Surya Adnyani, Luh Diah, Piscayanti, Kadek Sonia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/16449
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/16449/9868
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar siswa dengan cacat visual (VIS). Ditemukan bahwa ada 6 strategi yang digunakan yaitu (1) kognitif yaitu berlatih, mengulang, mendapatkan ide, menganalisis dan membuat reasoning, meringkas dan menerjemahkan; (2) metakognitif, mereka memperhatikan pelajaran dan menunjukkan bukti pemahaman; (3) strategi sosial, mereka berempati dengan orang lain, membuat pertanyaan, membuat ulasan, meminta saran, meminta konfirmasi; (4) afektif, dengan menurunkan kecemasan, (5) ingatan, dengan membuat asosiasi, membuat konteks kata kata, mengingat, mengingat pengalaman visual, membuat simpulan dan mengambil kembali ide sebelumnya; (6) kompensasi, dengan mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis, berusaha memberikan jawaban dan menggunakan bahasa campuran.Kata-kata kunci: EFL, strategi pembelajaran, siswa cacat visual