PENGENALAN MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME(BCCT) DITAMANKANAK-KANAKISLAM AL-AZHAR KOTA BUKITTINGGI

Main Author: Yulia, Laura Neswita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/1486
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/1486/1292
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/downloadSuppFile/1486/41
Daftar Isi:
  • Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah cara guru dalam mengenalan membaca kepada anak usia dini melalui pembelajaran sentra (BCCT), dengan tujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru melalui pemilihan sentra pembelajaran, penggunaan media dalam pembelajaran, pemilihan materi atau bahan ajar untuk pengenalan membaca. Responden dari penelitian ini adalah guru TK Islam Al-Azhar yang berjumlah 21 orang, dan terdaftar sebagai guru TK di Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemilihan pendekatan pembelajaran sentra, penggunaan media yang tepat , kreatif dan inovatif, serta pemilihan materi atau bahan ajar yang sesuai ternyata merupakan upaya guru dalam pengenalan membaca kepada anak usia dini di TK Islam A-Azhar.