Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Cetak dengan Media Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas PGRI

Main Authors: Widalismana, Merlyn, Lestari, Neta Dian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2017
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/972
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/972/675
Daftar Isi:
  • Media elektronik dan media cetak merupakan salah satu Media yang mulai digunakan dalam proses belajar mengajar di Universitas. Variabel dalam penelitian ini Media elektronik sebagai variabel bebas 1 atau X1 dan Media cetak sebagai variabel bebas 2 atau X2. Sampel diambil dengan cara random sampling yaitu kelas 3A dan kelas 3B dari jumlah populasi 2 kelas. Metode yang digunakan eksprimen dan deskriptif komparatif. Teknik analisis data menggunakan persamaan uji t dengan taraf kepercayaan 95% (α 0.05). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa keaktifan Mahasiswa yang belajar menggunakan Media elektronik rata-rata 17,54 sedangkan yang belajar menggunakan Media cetak 78,20. Dan berdasarkan tes yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar Mahasiswa kelas Media elektronik rata-rata 77,42 sedangakan yang belajar menggunakan media cetak 83,72. Pembuktian hipotesis memperlihatkan thitung  = 8,524 > ttabel = 8,283 berarti terima Ha yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar Mahasiswa pada mata kuliah Matematika Ekonomi menggunakan Media cetak dengan Media elektronik di Universitas PGRI Palembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari hasil ini disarankan kepada dosen pada mata kuliah Matematika Ekonomi agar Media cetak dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran, terutama untuk meningkatkan keaktifan Mahasiswa dalam belajar dosen menunjang peningkatan hasil belajar Mahasiswa.
  •   Electronic media and print media is one of the media that began to be used in teaching and learning at the University. Variable in this research Electronic media as independent variable 1 or X1 and Print media as independent variable 2 or X2. Samples were taken by random sampling that is class 3A and class 3B from population of 2 class. The methods used are comparative expri- sive and descriptive. Data analysis technique use t test equation with 95% confidence level (α 0.05). Based on the results of the discussion can be concluded that the liveliness of students who learn to use electronic media average 17.54 while those who learn using print media 78.20. And based on the tests conducted it is known that the average student's learning grade electronic media 77.42 while those who learn to use print media 83.72. Proof of hypothesis shows thitung = 8,524> ttabel = 8,283 means accept Ha, which means there are differences in student learning outcomes in the subjects of Economic Mathematics using print media with electronic media at the University of PGRI Palembang Lesson Year 2016/2017. From this result suggested to lecturer in Economic Mathematics subject to Print media can be used as an alternative learning method, especially to improve student activeness in learning lecturer to support the improvement of student learning result.