Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri

Main Authors: Zuliana Sari, Kiky, Yusuf Afandi, Tjetjep, Surindra, Bayu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2021
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/14915
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/14915/2163
Daftar Isi:
  • Abstract Basically students have a positive assumption on the way that the subject teacher uses the way in teaching and delivering materials. Based on the results of the initial research at SMK PGRI 3 Kediri, it is known that the value obtained by students is less than the maximum. Where the learning results obtained by students are still below the minimum completion criteria (KKM) of seventy-five (75). This research aims to know the influence between teacher methods in teaching and the level of independence in students' learning, as well as changes in student learning outcomes in accounting subjects at SMK PGRI 3 Kediri. The research method used in this study is quantitative method with double regression approach. Where the object is a grade X student of 25 students. The results of this study generally showed a positive influence or have a significant influence on the methods and ways used by teachers in teaching, as well as the influence between the independence carried out by students during learning on the results obtained by students in learning in school. Furthermore, students' perception of the methods used by teachers in teaching and showing self-reliance in learning, simultaneously has a positive and significant influence. Keywords: Teacher Teaching Method, Self-Reliance, Learning Outcomes 
  • Pada dasarnya siswa memiliki asumsi yang positif terhadap cara yang digunakan oleh guru mata pelajaran terhadap caranya dalam mengajar dan menyampaikan materi. Berdasarkan hasil penelitian awal di SMK PGRI 3 Kediri, diketahui bahwa nilai yang didapatkan oleh siswa kurang maksimal. Di mana hasil belajar yang diperoleh siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar tujuh puluh lima (75). Penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui adanya pengaruh antara metode guru dalam mengajar dan tingkat kemandirian dalam belajar siswa, serta adanya perubahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi ganda. Dimana yang menjadi objek adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan adanya pengaruh positif atau memiliki pengaruh yang signifikan mengenai metode dan cara yang digunakan oleh guru dalam mengajar, maupun adanya pengaruh antara kemandirian yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran terhadap adanya hasil yang diperoleh siswa dalam belajar disekolah. Selanjutnya persepsi siswa mengenai metode yang digunakan guru dalam mengajar dan menunjukkan adanya kemandirian dalam belajar, secara simultan memiliki pengaruh yang positif serta signifikan.