Penggunaan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MAN Kota Batu

Main Authors: Lutfiana, Rose Fitria, Widodo, Rohmad, Latifah, Latifah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2019
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12614
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12614/1089
Daftar Isi:
  • This study aims to implement the Two Stay Two Stray (TSTS) learning model in order to improve student achievement in class XI IPA 2 Batu Aliyah Madrasah in the odd semester of the academic year 2018/2019. The research used is class action research (classroom action research) using the John Elliot model in which each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were students of class XI IPA 2 in the odd semester of 2018/2019 academic year totaling 32. The variables investigated in this study were input variables (students of class XI IPA 2), process variables (Two Stay Two Stray models) and output variables (increased learning achievement). Data collection techniques used in the form of observation, interviews, study documentation and tests. The instruments used are observation assessment rubrics, interview guidelines, documentation study guides, and test questions. While the data analysis techniques used in the form of qualitative and quantitative analysis techniques. The results obtained in this study are the application of the Two Stay Two Stray model can improve the learning achievement of students of XI IPA 2 Human Rights material in the odd semester of the school year 2018/2019 with classical completeness values increased from pre-cycle by 43,1% in cycle I increased to 63.7% and the second cycle increased to 84.6%.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA 2 Madarasah Aliyah Negeri Kota Batu semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan model John Elliot yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI IPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32. Variabel yang diselidiki dalam penelitian ini yaitu variabel input (siswa kelas XI IPA 2), variabel proses (model Two Stay Two Stray) dan variabel output (peningkatan prestasi belajar). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian observasi, pedoman wawancara, pedoman studi dokumentasi dan soal tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah penerapan model Two Stay Two STray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa XI IPA 2 materi Hak Asasi Manusia pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan nilai ketuntasan klasikal meningkat dari prasiklus sebesar 43,1% (ketuntasan klasikal 3,12%) pada siklus I meningkat menjadi 63,7% (ketuntasan klasikal 34,37%) dan siklus II meningkat menjadi 84,6% (ketuntasan klasikal 87,5 %).