PENGARUH KONDISI PUTARAN MESIN PADA SEPEDA MOTOR TERHADAP EMISI ULTRAFINE PARTICLES (UFP)

Main Authors: Huda, Fathul Badrul; Brawijaya University, Wardoyo, Arinto Yudi P; Brawijaya University, Dharmawan, Hari Arief; Brawijaya University
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Department of Physics - Faculty of Science , 2013
Online Access: http://physics.studentjournal.ub.ac.id/index.php/psj/article/view/26
http://physics.studentjournal.ub.ac.id/index.php/psj/article/downloadSuppFile/26/86
Daftar Isi:
  • Sepeda motor merupakan suatu kendaraan bermotor roda dua yang menghasilkan partikel ultrafine sebagai hasil pembakaran bahan bakar, dimana partikel ultrafine sangat berdampak pada kesehatan manusia. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran mesinnya terhadapa emisi partikel ultrafine yang dihasilkan. Faktor emisi partikel ultrafine dihitung dengan mengukur total konsentrasi UFP pada kecepatan mesin yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa emisi partikel ultrafine dari sepeda motor tergantung dari kecepatan putaran mesin. Emisi partikel ultrafine dari sepeda motor meningkat sebagai sebuah fungsi dari kecepatan putaran mesin. kenaikan partikel ultrafine berbanding lurus dengan kenaikan kecepatan putaran mesin. Faktor emisi partikel ultrafine bervariasi berturut-turut dari 1.03 sampai 1.85 x 1012 partikel per liter untuk kecepatan putar 1250 rpm; dari 1.39 sampai 2.31 x 1012 partikel per liter untuk kecepatan putar 2000 rpm; dari 1.72 sampai 2.44 x 1012 partikel per liter untuk kecepatan putar 2750 rpm. Kata kunci : Partikel ultrafine, faktor emisi, sepeda motor, putaran mesin.