MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Main Authors: Setiawati, Ria, Wakidi, Wakidi, Ekwandari, Yustina Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/6140
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/6140/pdf_64
Daftar Isi:
  • The aim of this research was to find out studentsâ€TM interest of learning history in class XI IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014. This research used descriptive method in which the data collecting technique used observation, questionnaire, documentation, and literature.The result of the research showed that studentsâ€TM interest in learning history in class IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014 were categorized into average learning interest. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan dalam minat belajar sedang. Kata kunci : minat belajar siswa, pembelajaran sejarah, think talk write.