PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X
Main Authors: | Marfuatun, Siti, Wakidi, Wakidi, M, Syaiful |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/5037 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/5037/pdf_59 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/downloadSuppFile/5037/406 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the effect of using time token learning model towards the activity of learning history of class X SMAN 1 Seputih Mataram of academic year 2013-2014 . The method in this study is a quasi experimental. The results of the study show that time token learning model may increase the activity of learning history of class X, by the eight studentsâ€TM activity who have increased with excellent activity categories are: listening, seeing, reading, thinking, writing, working on exercises or assignments, discussing problems and summarize the discussion results.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap peningkatan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2013-2014. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas Xa, dari delapan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dengan kategori aktivitas baik sekali adalah: siswa mendengarkan, melihat, membaca, berpikir, dan mencatat, siswa mengerjakan soal latihan atau tugas-tugas, siswa mendiskusikan masalah dan merangkum hasil pembicaraan.Kata kunci : aktivitas belajar, pengaruh, time token