Hubungan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau

Main Authors: Salimah, Fuji, Imron, Ali, Ekwandari, Yustina Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/18031
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/18031/pdf
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine whether there is a significant relationship between student discipline and learning outcomes of eleventh grade social students’ history subject at SMA Negeri 1 Sekincau. Data collection technique in this study is quantitative with survey methods using product moment formula. The results of the study showed that 34 students had high learning outcomes because they were highly skilled, and 51 low discipline students had low learning outcomes. The standard level of a significant level of 5% shows there is a significant relationship between student discipline and student history learning outcomes.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei menggunakan rumus product momen. Hasil penelitian menunjukan 34 siswa hasil belajarnya tinggi karena disiplinnya tinggi dan siswa yang disiplinnya rendah 51 siswa hasil belajarnya rendah. Tingkat standar taraf signifikan 5% menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa.Kata kunci: disiplin siswa, hasil belajar, hubungan