Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 1 Gedong Tataan
Main Authors: | Saraswita, Ning Ayu, Syah, Iskandar, M, Syaiful |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/16494 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/16494/pdf |
Daftar Isi:
- The purpose of this research is to know the influence of Portfolio Learning Model on student learning outcomes in History Subject of class XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan Year Teaching 2016/2017. This research uses True Experimental Design method with Pretest-Posttest Control Group Design Design. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis technique by using t test. Based on data analysis conducted using t test, the result of hypothesis test that thitung = 3.45> ttable = 2.40, so H0 is rejected and H1 accepted. Results of quantitative data analysis Portfolio Learning Model affect the student learning outcomes in the Subject History of students class XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan.Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji t diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 3,45 > ttabel = 2,40, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan.Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran portofolio, pengaruh