Penerapan Model Kooperatif Teknik Round Table untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa

Main Authors: Noviasari, Fifi, Maskun, Maskun, Ekwandari, Yustina Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13629
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13629/pdf
Daftar Isi:
  • The aim of this research to shown “there is or Not, Increasing of study Motivation on subject history In Students XI IPS SMA Negeri 1 Punggur on Academic Year 2016/2017 after used to” cooperative Round Table Technique model”. The Methodology, which used to in this research is experiment with “the one-shot case Study “Design. The data collecting by questionnaire. The collected data be processed by Percentage Formula. The result of data analysis showed there is increase the motivations of students after used to the cooperative round table technique model.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Ada atau tidak ada peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan model Kooperatif Teknik Round Table”. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain The One-Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengana angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar sejarah siswa setelah menggunakan model Kooperatif Teknik Round Table.Kata kunci: motivasi, penerapan, round table