Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS
Main Authors: | Junairi, Asep, Maskun, Maskun, Arif, Suparman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13418 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13418/pdf |
Daftar Isi:
- The purpose of this research was to determine whether there was a significant relationship between emotional intelligence with the learning achievement of history class at XI IPS SMAN 1 Jati Agung South Lampung academic year 2016/2017. The method used was survey method. This research was using quantitative method and the data was analyzed by using Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) and Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) Statiscal test. The results of data analysis and hypothesis testing showed that there was a significant relationship between Emotional Intelligence with Student Learning Achievement History Class XI IPS at SMAN 1 Jati Agung Lampung Selatan Academic Year 2016/2017.Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan yang Signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: hubungan, kecerdasan emosional, prestasi belajar