Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa
Main Authors: | As Syakir, Abdul Rahman, Maskun, Maskun, Basri, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/12443 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/12443/pdf_217 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine whether there is a significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017. This study uses experiment with the design of One Shot Case Study. Based on quantitative data analysis using t-test, it can be concluded that there is significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar, pengaruh, mastery learning