PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Authors: Apriantoro, Beni; Universitas Lampung, Maskun, Maskun, Ekwandari, Yustina Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/12054
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/12054/pdf_196
Daftar Isi:
  • The objectives of this research was to find out the significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards student’s history learning outcomes class X IPS SMAN 1 Kota Gajah. The research was quantitative research with the experimental methods. The results of the study showed that there was significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards student’s learning outcomes with the significant result 0.47 categorized as enough.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Kota Gajah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya taraf signifikan 0,47. termasuk ke dalam kategori cukup.Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran, problem based instruction