PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Main Authors: Umiyati, Sri, Wakidi, Wakidi, Arif, Suparman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/11314
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/11314/pdf_187
Daftar Isi:
  • This study aimed to find out whether there is any effect and how much the significance level of effect of The Power of Two models to the cognitive learning achievement of students on social studies at the VIII B class of SMP Sejahtera Bandar Lampung in academic year 2015/2016. This study used experiment research method with the type of one group pretest posttest design. Based on the analysis of quantitative data using the t test, it can be concluded that there is a significant effect and most of the effect from model of The Power of Two that is 0.61 when incorporated into the interpretation of significant correlations were high. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model The Power of Two terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran IPS kelas VIIIB SMP Sejahtera Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan Besarnya pengaruh yang diberikan model The Power of Two sebesar 0,61 yang jika dimasukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori tinggi signifikan.Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran, the power of two