PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA

Main Authors: Riantimala, Riantimala, Maskun, Maskun, Ekwandari, Yustina Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10744
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10744/pdf_167
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect and how much the significant effect of Group to Group Exchange model on the cognitive achievement of students in history studies class X.2 SMA Utama 2 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used experimental method with one group pretest-posttest design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is a significant influence and of the effect of the model significant level of Group to Group Exchange is at 0.494, which means enough. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange adalah sebesar 0,494 yang berarti cukup.Kata kunci: group to group exchange, hasil belajar kognitif, model pembelajaran