PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA

Main Authors: Wulandini, Esty, Syah, Iskandar, M, Syaiful
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10571
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10571/pdf_155
Daftar Isi:
  • This study aimed to find out the existence of significant effect and significance level of PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) learning strategy effect toward the increasing of students’ cognitive learning outcomes in the History Lesson, Class X Social 3 of SMAN 1 Kalirejo 2014/2015 period. The method used was Quasi Experimental Research Design. Based on data analysis, it can be concluded that there is a significant effect from PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) strategy and the level of significance effect is 0.54 which, if put into an interpretation of the correlations included into quite significant category.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPS 3 SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang penelitian gunakan adalah Quasi Experimental Design. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan besarnya pengaruh signifikansi yang diberikan sebesar 0.54 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.Kata kunci: kognitif, signifikan, strategi belajar pq4r