Mendongeng dan Penguasaan Perbendaharaan Kata pada Anak Usia Taman Kanak-kanak
Main Author: | Bawono, Yudho |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Personifikasi
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.trunojoyo.ac.id/personifikasi/article/view/700 http://journal.trunojoyo.ac.id/personifikasi/article/view/700/620 |
Daftar Isi:
- Anak Usia Taman Kanak-kanak termasuk anak usia prasekolah (Biechler & Snowman dalam Patmonodewo, 2000). Pada saat ini, perkembangan fisik dan perkembangan kemampuan berbahasa terbentuk dan berkembang dengan pesat (Rachmadi, 2002). Menurut Papalia & Olds (1986) anak usia prasekolah dapat berkomunikasi dengan teman-temannya atau orang-orang dewasa di sekitarnya melalui kemampuan berbahasanya. Bahasa juga membantu anak prasekolah untuk meminta dan meraih apa yang diinginkan, mampu menjaga diri serta melatih kontrol diri. Kemampuan berbahasa anak prasekolah salah satunya dapat dilihat dari perbendaharaan kata yang dimilikinya (Stanford-Binet dalam Gregory, 1996). Salah satu faktor yang dianggap dapat meningkatkan penguasaan perbendaharaan kata anak-anak usia taman kanak-kanak adalah melalui pemberian cerita (mendongeng).