Daftar Isi:
  • ABSTRAKPelatihan efikasi diri adalah salah satu metode intervensi untuk meningkatkan aspirasi karier siswa dan siswi SMKN 1 driyorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap aspirasi karier siswa siswi SMKN 1 driyorejo ditinjau dari pendidikan orang tua dan melihat perbedaan tingkat aspirasi dan melihat perbedaan tingkat aspirasi karier ditinjau dari pendidikan orang tua. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa SMK kelas XI untuk try out. Subyek yang mengikuti pelatihan efikasi diri sebanyak 30 orang terdiri dari 10 ramaja dengan pendidikan orang tua tinggi, 10 orang dengan pendidikan orang tua menengah dan 10 orang dengan pendidikan dasar. Alat ukur asprasi karier pada penelitian ini berdasarkan aspek aspirasi karier harlock (1987) dengan nilai reliabilitas 0, 902 denga koefisien korelasi bergerak dari 0,321 hingga 0,693. Analisa data menggunakan analisis statistik parametrik uji anaysis of variance dengan nilai sig = ,648, sehingga dapat disimpulkan tingkat pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aspirasi karier remaja setelah diberikan pelatihan efikasi diri. Hasil posttest 1 ke posttest 2 dengan nilai sig, 0,000 (P<0,05), artinya pelatihan efikasi diri efektif meningkatkan aspirasi karier remaja.Kata kunci : Pelatihan Efikasi diri, pendidikan orang tua, aspirasi karier ABSTRACTSelf-efficacy training is one of the intervention methods for improving the career aspirations of students at SMK 1 driyorejo. This study aims to determine the effect of self-efficacy on the career aspirations of students of SMK 1 Driyorejo in relation to the education of parents and to see the difference in the level of aspiration and to see the different levels of career aspirations in relation to parenting. The subjects in this study were 60 XI class students to try. Subjects who followed the training of self-efficacy as many as 30 people, consisting of 10 ramaja with higher educational attainment of parents, 10 with secondary education and 10 elderly with basic education. Measuring career inspirations in this study on aspects of career aspirations harlock (1987) based on the reliability value of 0, 902 terrain moving correlation coefficients of 0.321 to 0.693. The data were analyzed by means of parametric statistical analysis of variance test anaysis with sig = 648, so that they can be closed to the education level of the parents, have no significant impact on the career aspirations of young people after training is self-efficacy. Score 1 to Night Test Night 2 with sig, 0.000 (P <0.05), meaning that self-efficacy training can effectively enhance teen career aspirations.Keywords : Self-efficacy training, parent education, career aspirations