Hubungan Antara Kemampuan Visual-Spasial dengan Kreativitas pada Mahasiswa Prodi Arsitektur

Main Authors: Pratitis, Niken Titi, Putri, Ella Dwi Maryono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/1911
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/1911/pdf
Daftar Isi:
  • AbstrakKemampuan visual-spasial dan kreativitas adalah dua hal penting yang dituntut dimiliki individu-individu yang kinerjanya lekat dengan perancangan desain seperti Arsitektur. Sebagian besar orang meyakini bahwa kreativitas di bidang Arsitektur memiliki aspek yang juga mengukur kemampuan visual-spatial, padahal keduanya adalah kemampuan yang berbeda sehingga keduanya tidak dapat diukur menggunakan alat yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa antara tes Kreativitas di bidang Arsitektur dengan tes visual-spatial, tidak mengukur indikator yang sama. Subyek penelitian ini adalah 62 mahasiswa semester 2 di Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Penelitian yang menerapkan metode kuantitatif ini, pengumpulan datanya menggunakan tes Spatial ability yang dirancang oleh Newton dan Hellen, dan Tes Kreativitas dibidang Arsitektur yang dikembangkan peneliti pertama melalui disertasi (Pratitis, 2018). Hasil peneltian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi signifikan antara hasil skor tes Kemampuan Visual-Spasial dengan skor tes Kreativitas di Bidang Arsitektur (r = - 0,045 dengan p = 0,727 ). Hasil penelitian tersebut memperkuat bukti bahwa indikator kemampuan visual berbeda dengan kreativitas di bidang Arsitektur, sehingga skor tinggi pada tes kemampuan visual tidak dapat menjadi prediksi kesuksesan atau skor yang tinggi pada kemampouan kreativitasnyaKata Kunci: Visual-Spasial, Kreativitas, Arsitektur