Penggunaan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Mahasiswa PGSD
Main Author: | Wahyu Sukartiningsih, |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pendidikan Sekolah Dasar
, 2006
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_wacana/article/view/5712 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pembelajaran menggunakan strategi Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis mahasiswa Program D2 PGSD-UNESA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang teridiri atas tiga siklus pembelajaran, yaitu (1) memunculkan ide aktual dan kritis dari bahan bacaan dan menginformasikannya, (2) mereviu bahan bacaan dan menginformasikannya, dan (3) menulis karya ilmiah dan karya ilmiah populer hasil dari kegiatan membaca kritis dan menginformasikannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis mahasiswa Program D2 PGSD-UNESA: 1) secara kuantitatif, berupa peningkatan nilai membaca kritis mahasiswa, (2) secara kualitatif, berupa meningkatnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa.