Peta Konsep untuk Pembelajaran Matematika

Main Author: Wiryanto,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Pendidikan Sekolah Dasar , 2009
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_wacana/article/view/5684
Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat terlepas dari matematika, bahkan matematika mempunyai andil yang cukup besar dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Obyek yang dipergunakan dalam matematika adalah sesuatu yang abstrak, sehingga dalam proses pemahamannya seringkali siswa mengalami kendala yang berkepanjangan. Seringkali siswa belum dapat memahami suatu materi diakibatkan ketidakpahamannya dalam materi penunjang sebelumnya, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu penyusunan kurikulum yang memperhatikan peta konsep pelajaran. Tujuan dari peta konsep ini adalah agar para siswa dapat memperoleh ilmu matematika secara berjenjang mulai dari materi dasar hingga materi lanjutan.  Dalam penyusunan peta konsep ini diharapkan siswa mempunyai alur pikir yang benar dan sistimatis didalam menyelesaikan suatu soal matematika.  Peta konsep juga akan membuat suatu keterkaitan materi dapat tergambar dengan jelas dan bisa dipahami oleh para pendidik. Sehingga dalam pembuatan peta konsep diperlukan pemikiran yang mendalam tentang keterkaitan setiap bidang materi agar siswa bisa menerima dan memahaminya dengan mudah.