IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Main Authors: ARDANI NURAINI AGUSTIN, SUSI, , ERMAN, MULYANRATNA, MADEWI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/9384
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran berdasarkan masalah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dan rancangan one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterlaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rata-rata dari pertemuan 1 meningkat pada pertemuan 2, yaitu sebesar 3,5 (kriteria sangat baik) menjadi 3,6 (kriteria sangat baik). (2) Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains yang ditandai dengan hasil perhitungan dengan uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk tiap aspek keterampilan proses sains. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, dibuktikan dengan uji-t diperoleh thitung (6,69) > ttabel (1,70) dengan taraf signifikan α = 0,05. (3) Siswa memberikan respons yang baik sekali terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 91%. . Kata kunci : Pembelajaran Bedasarkan Masalah, Keterampilan Proses Sains   Abstract This study was aimed to describe how the learning process cas be done, observe the science process skills of students and analyse the student’s response to the problem based learning model. It used descriptive quantitative method by pre-experimental design research type, and adopted one group pre-test post-test design. The study showed that: (1) The achievement on learning process of the problem based learning was effective, with increasing score from the first meeting to the second meeting, it was 3.5 (criterion is very good) to 3.6 (very good criterion). (2) The application of the learning model based on a material issue of environmental pollution can improve science process skills are characterized by the calculation of the N-Gain test showed an increase for every aspect of science process skills. The difference results between pre-test and post-test is significant, it was proved by the t-test obtained t (6,69)> t table (1,70) with significance level α = 0.05. (3) Students responded well to all learning process by applying learning model based on the problem, with the percentage of students who gave a positive answer is 91%. Keywords: Problem Based Learning, Science Process Skills.