PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL PEMAKNAAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN

Main Authors: LAILATUL MUSLIHAH, NUR, SUGIARTO, BAMBANG, SUBEKTI, HASAN
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/9381
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, keefektifan, dan respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pemaknaan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi bahan kimia dalam kehidupan. Sasaran dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII SMP PGRI 64 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar tes hasil belajar dan angket respons siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan metode penelaahan dan editing oleh dosen ahli dan guru IPA, metode tes, dan metode angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai yang diperoleh dari validasi RPP sebesar 85,00 dengan kategori valid atau layak, nilai kelayakan yang diperoleh dari validasi buku siswa sebesar 87,50 dengan kategori sangat valid atau sangat layak, nilai kelayakan yang diperoleh dari validasi LKS sebesar 86,67 dengan kategori sangat valid atau sangat layak, dan nilai kelayakan yang diperoleh dari tes hasil belajar sebesar 81,48 dengan kategori valid atau layak. Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82,67% dengan kategori sangat efektif. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai 89% dengan kategori sangat kuat. Kata kunci : Pembelajaran Model Pemaknaan, Berpikir Kritis.   Abstract This study aimed to describe the feasibility, effectiveness, and student's response to the learning-oriented model of meaning to the material life of the chemical in the eighth grade to junior high school students. The target in this study were 15 eighth grade students of SMP PGRI 64 Surabaya. This study used a design research and development of 4-D models. The instrument used in this study include the validation sheet learning, achievement test sheet and questionnaire responses of students. The method used in data collection methods, namely the study and editing by expert lecturers and science teachers, methods of test and questionnaire method. Data analysis was done descriptively. The results show that the learning materials have been fit for use in the learning process with the value obtained from the validation of the feasibility of lesson plans for 85.00 with a valid or appropriate categories, eligibility values ​​obtained from the validation student book for 87.50 with very valid category or very feasible, feasibility values ​​obtained from the validation worksheets for 86.67 with very valid category or a very decent, and the value obtained from te feasibility study results at 81.48 with a valid category or feasible. The effectiveness of learning in terms of learning outcomes of students achieving mastery 82.67% categorized as very effective. Responses were obtained from students' learning device was developed as 89% with a very strong category. Keywords: Meaning Learning Model, Critical Thinking.