PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Main Authors: AYU FIRDAUSI, EMBUNIAR, , ERMAN, ROSDIANA, LAILY
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/9377
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa, dan respons siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design dan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berlangsung efektif, seluruh aspek pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik dengan pemerolehan skor keterlaksanaan pada pertemuan I sebesar 3,36 dan skor keterlaksanaan pada pertemuan II sebesar 3,57. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada tema energi dalam sistem kehidupan dapat meningkatkan keterampilan proses sains yang ditandai dengan hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk setiap aspek keterampilan proses sains yang dilatihkan. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dinyatakan mengalami perbedaan signifikan, hal ini didasarkan dari hasil uji-t diperoleh thitung (10,35) > ttabel (1,70) dengan taraf signifikan α = 0,05. (3) Siswa memberikan respons positif yang sangat kuat terhadap proses pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing, dengan persentase siswa yang memberikan respons positif sebesar 87%.   Kata kunci : Inkuiri terbimbing, keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses, respon siswa.   Abstract This research aims to described the enforceability of learning, science process skills of students and students' response to guided inquiry learning model. The research was a quantitative descriptive with pre experimental design and one group pretest posttest design. The results showed that: (1) The enforceability of guided inquiry learning is effective, lasting all aspects the implementation of the learning has been done very well with enforceability of learning score at the meeting I of 3,36 and enforceability of learning score at the meeting I of 3,57.( 2 ) the application of guided inquiry on the theme of energy in a system life can improve skill process science characterized by a result of calculation test N-gain shown any increase to every aspect skill process science. Differences results pre-test and post-test expressed undergo significant difference it is based from the uji-t obtained tcount (10,35) > ttabel (1,70) by standard significant α = 0,05. (3) students give positive response very strong against the learning process with a guided inquiry learning, with the percentage of students who give positive response of 87%.     Keywords : guided inquiry learning, enforceability of learning, science process skills, students' response.