PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA PENCEMARAN AIR DENGAN PENDEKATAN SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (SALINGTEMAS) KELAS VII SMP

Main Authors: PARAMAYANTI, INDRASARI, FITRIHIDAJATI, HERLINA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/7833
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat yang dikembangkan, (2) hasil ketuntasan belajar siswa dan (3) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan dasain instruksional pengembangan perangkatnya mengacu pada 4-D (four D models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Parameter yang diukur dalam penelitian ini meliputi kelayakan perangkat, hasil ketuntasan belajar siswa dan respon siswa. Kelayakan perangkat divalidasi oleh dosen dan guru IPA, perangkat yang sudah layak diuji coba secara terbatas pada 15 siswa SMP Negeri 1 Bangsal. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah, lembar validasi, tes hasil ketuntasan belajar dan lembar angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantiatif untuk hasil validasi, hasil ketuntasan belajar dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kelayakan dengan prosentasi rata-rata validasi silabus sebesar 91,10 %, RPP sebesar 87,41 %, bahan ajar sebesar 89,46 %, LKS sebesar 87,67 %, dan lembar penilaian sebesar 88,33 % dengan kriteria sangat baik, 2) Data hasil uji coba diperoleh yaitu hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 13 siswa anak dinyatakan tuntas dan, 3) Hasil analisis angket menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat positif dengan prosentasi sebesar 98,2%. Kata Kunci: IPA Terpadu, Kelayakan Perangkat, Salingtemas, Pencemaran Air Abstract The development research aims to know : (1) the developed set properness, (2) students completeness, and (3) student response. To achieved that goals have been conducted research of learning set and trial of that learning set. Type of this research was research and development (R & D) and instructional design of learning set development according to 4-D (four D model) which proposed by Thiagarajan (1974), research instrument used were review sheet, validation sheet, learning achievement result and student response questionnaire. Data resource of this research were expert team including lecturer and science teacher as reviewer and validators, also 15 students in classroom VII-H SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Data analysis conducted was descriptive quantitative for reviews result and validation, learning achievement result, and student response. Result of this research shows that 1) Developed set was proper to be used in learning process because meets the properness with syllabus validation average percentage 91.10%, lesson plan 87.41%, teaching subject 89.46%, work sheet 87.67%, and assessment sheet 88.33% with very good criteria, 2) Data of trial obtained of student learning achievement shows that 13 students were completed, 3) Questionnaire analysis result shows that students gave very positive response with percentage 98,2%. Keywords: Integrated Science, Set Properness, SETS, Water Pollution.