PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VII

Main Authors: QOMARIYAH, NUR, MULYANRATNA, MADEWI, SETIAWAN, BENI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/7060
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatf dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII-F SMP AL-ISLAH Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rata-rata dari pertemuan 1 meningkat pada pertemuan 2, yaitu sebesar 3,4 (kriteria baik) menjadi 3,7 (kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji normalitas diperoleh Lo (0,1300) < Ltabel (0,1400), ini berarti sampel berdistribusi normal. Dari analisis pada uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk tiap aspek keterampilan proses sains. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, dibuktikan dengan uji-t diperoleh thitung (15,35) > ttabel (1,69) dengan taraf signifikan α = 0,05. Siswa memberikan respons yang baik sekali terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 93,75%. Kata kunci : Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains   Abstract This aimed to describe the feasibility of learning, science process skills of students and students' response to guided discovery learning model. This type of research is descriptive quantitative research design with one group pre-test post-test design. The samples used in the study were students of class VII-F SMP AL-ISLAH Surabaya. The results showed, enforceability guided discovery learning model is effective, with an increase in the average score of the meeting 1 meeting rose at 2, is equal to 3.4 (both criteria) to 3.7 (very good criterion). Based on calculations derived Lo normality test (0.1300) <Ltabel (0.1400), this means that the sample is normally distributed. From the analysis of the N-Gain test showed an increase for every aspect of science process skills. The difference results of pre-test and post-test is said to significantly, evidenced by the t-test obtained t (15.35)> t table (1.69) with significance level α = 0.05. Students respond well at all to learning by applying guided discovery learning model, with the percentage of students who gave a positive answer is 93.75%. Keywords : Guided Discovery Learning Model, Science Process Skills