KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Main Authors: Febriani, Lina Puspita, Rosdiana, Laily
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33148
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi tekanan zat cair untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jombang pada kelas VIII-I dengan jumlah peserta didik sebanyak 28. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan yaitu metode Research and Development (R&D) yang dibatasi sampai pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian keefektifan LKS berbasis discovery learning dapat ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test siswa. Analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebesar 19 siswa memperoleh nilai N-Gain dalam kategori tinggi dan 9 siswa memperoleh kategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi tekanan zat cair dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas. Kata Kunci: Keefektifan LKS, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains.