MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF

Main Authors: Anisa, Lafilatul, Martini, Martini, Susiyawati, Enny
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33142
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa terhadap pembelajaran berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes, dan angket. Peningkatan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan uji N-Gain skor. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre-test 45 sedangkan post-test 82. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,67. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Kata Kunci : Literasi Sains, Socio-Scientific Issues, Zat Aditif.