KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUGAN

Main Authors: KHUSNA, ARINA, PURNOMO, TARZAN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/26634
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/26634/24387
Daftar Isi:
  • Keterampilan proses sains perlu dilatihkan. Keterampilan proses sains mempunyai peranan penting dalam membantu menemukan konsep. LKS berbasis inkuiri terbimbing diperlukan untuk melatihkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian 4-D yaitu define, design, develop and disseminate. Desain uji coba pada penelitian ini adalah pre-eksperimental One-Group Pretest-Postest. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian keterampilan proses sains sebesar 66,67%. Berdasarkan pretest dan posttest didapatkan N-Gain siswa dengan kategori tinggi sebesar 46,67%. Aspek keterampilan proses merumuskan masalah dan merumuskan hipotesis memperoleh N-Gain dengan kategori sedang. Aspek keterampilan proses mengidentifikasi variabel, menginterpretasi data dan menyimpukan memperoleh N-Gain dengan kategori tinggi, dengan demikian LKS yang dikembangkan efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.