PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS VII
Main Authors: | NURAINI DYAH WIDAYANTI, ANITA, Fitrihidajati, Herlina, Nuril Maulida Fauziah, An |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/15834 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pre – experimental design dengan menggunakan desain one group pretest-postest design. Data yang diukur meliputi hasil belajar siswa. Penentuan sasaran penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VII-A di SMPN 2 Lamongan dengan jumlah siswa 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran (pretest dan postest). Data dianalisis secara deskriptiv kuantitatif dengan uji N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar pada kelas VII-A tersebut. Berdasarkan hasil uji N-Gain pada kelas VII-A rata – rata perolehan nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 53%, selain itu rata – rata perolehan nilai n-gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik.