MELATIH SIKAP TANGGAP BENCANA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KEARIFAN LOKAL

Main Authors: ARDINA KSANTI, RISSA, , SULIYANAH, SUBEKTI, HASAN
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12880
Daftar Isi:
  • Abstract                 Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai kearifan lokal dari hasil belajar siswa yang mencangkup kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Rancangan penelitian yang digunakan mengacu one-shot case study design. Sasaran yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2 Puncu berjumlah 40 siswa pada tahun ajaran 2014-2015. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga kali pertemuan yang diakhiri pemberian post-test untuk mengukur sikap tanggap bencana siswa sekaligus penguasaan materi mitigasi bencana siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam hal kompetensi sikap spiritual mencapai 90% siswa tuntas dan 10% siswa tidak tuntas. Sikap sosial mendapat mencapai 75% siswa tuntas dan 25% siswa tidak tuntas. Sikap tanggap bencana siswa mencapai 38 siswa tuntas. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengintegrasi nilai kearifan lokal telah tuntas dilaksanakan dan dapat melatihkan sikap tanggap bencana pada siswa sehingga siswa dapat mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Kompetensi pengetahuan disebutkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 97,5% dan sisanya tidak tuntas. Hasil belajar kompetensi keterampilan 80% siswa tuntas dan 20% siswa tidak tuntas.   Kata kunci: hasil belajar, integrasi nilai kearifan lokal, mitigasi bencana, sikap tanggap bencana   Abstract                 This research is a pre-experimental study aimed to describe the implementation of the integrated value of local knowledge of student learning outcomes which include attitudes competencies, skills and knowledge. The research design used refers to one-shot case study design. The targets used in the study were students of class VIII SMPN 2-A Puncu that are 40 students in the academic year 2014-2015. The research was carried in three meetings that are ended granting post-test to survey the attitude of the disaster response students at the same student mastery of disaster mitigation material. The results showed the student learning outcomes in terms of spiritual attitude competence reaches 90% of students are complete and 10% of students are incomplete. Social attitudes got to reach 75% of students are complete and 25% of students are uncomplete. Disaster response attitude of students to 38 students are completed. This results indicated that learning by integrating the value of local wisdom has been completely implemented and can train disaster response attitude in students so that students can solve problems occuring in the environment. Knowledge competencies mentioned that the students who completed are 97.5% and the rest is not complete. Competency skills learning outcomes 80% of students are complete and 20% of students are uncomplete.   Keyword: learning outcomes, the integration of the value of local knowledge, disaster mitigation, the attitude of disaster response