PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS STRATEGI BEACH BALL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG BUMI BANGKALAN

Main Authors: RAHMAWATI, , , ISMONO, ASTRIANI, DYAH
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12814
Daftar Isi:
  • Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaaan pembelajaran model Diskusi strategi Beach Ball, mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Diskusi strategi Beach Ball, mendeskripsikan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Diskusi strategi Beach Ball mendeskripsikan hasil belajar siswa sebagai data pendukung dan mengetahui respon siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Bumi Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah one shot case study dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 38 siswa. Penelitian dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model Diskusi strategi Beach Ball pada tahap mengklasifikasikan maksud dan establishing set 3,43; tahap menfokuskan diskusi mendapatkan nilai rata-rata 3,50; tahap  mengendalikan diskusi mendapat nilai rata-rata 3,55; tahap mengakhiri diskusi nilai rata-rata 3,33 dan pada tahap Debriefing mendapat nilai rata-rata 3,41. Semua aspek keterlaksanaan pembelajaran mendapat kategori sangat baik. Aktivitas siswa yang dominan adalah bertanya dan mengemukakan pendapat. Aktivitas tersebut juga digunakan untuk melatihkan keterampilan komunikasi siswa. Keterampilan komunikasi siswa yang diperoleh melalui persentase aktivitas siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang bertanya kepada guru dari pertemuan pertama hingga ketiga sebesar 16,67%; 17,50%; 18,13%. Sedangkan persentase mengemukakan pendapat pada pertemuan pertama sebesar 20,42%, pertemuan kedua sebesar 22,50% dan pertemuan ketiga sebesar 23,13%. Hal ini menunjukkan keterampilan komunikasi siswa semakin baik pada setiap pertemuan .Hasil belajar siswa secara individu dinyatakan tuntas sebesar 89,5%. Respon siswa terhadap pembelajaran juga sangat baik dengan presentase rata-rata sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Diskusi strategi Beach Ball dapat melatihkan keterampilan komunikasi siswa.   Kata kunci : Diskusi strategi Beach Ball, Keterampilan komunikasi.   Abstract This study aimed to describe the feasibility study model of Beach Ball discussions strategy, describing the student's activity during the application of learning models Discussion of Beach Ball strategies , describing the student’s communication skills by the application of learning models Discussion of Beach Ball strategies, describing student learning result as supporting data and evaluate the response of students in junior high school of Tanjungbumi Bangkalan. Type of this research is quantitative descriptive. This research is an one-shot case study with a sample of this research is grade VIII-A as many as 38 students. Research was conducted for three meetings. Data were analyzed by quantitative descriptive. The results showed that learning has been accomplished with the average value on the purpose classification and  establishing set aspects of 3,43; core focus discussion an average rating of 3,50; discussion managing gets an average rating of 3,55; clossing discussion average value of 3,33 and Debriefing got an average rating of 3,41. All aspects of the feasibility study got a very good category. Dominant activity of students is ask questions and express opinions. Those Activities are also used to practice students's communication skills. Students’s communication skills gained through the percentage of students’s activities showed that the percentage of student who asked the teacher from the first to the third meeting of 16,67%; 17,50%; 18,13%. While the percentage of express opinions at the first meeting of 20,42%; second meeting of 22,50% dan third meeting of 23,13%. This case showed the students’s communication skill getting better every encounter. Student individually learning result declared complete by 89,5%. Students's response to this learning is also very good with an average percentage of 84%. This is suggests that the learning discussion of Beach Ball strategies able to train students's communication skills. Keywords: Strategy Discussion Beach Ball, Communication Skill.