PENGEMBANGAN GAME PETUALANGAN SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR
Main Authors: | DEWI ANNGRAINI, SISKA, LUTFI, ACHMAD, BUDIYANTO, MOHAMMAD |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12672 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian pengembangan Game Petualangan Sains bertujuan untuk menghasilkan game yang layak (valid, efektif dan praktis) sebagai media pembelajaran pada materi perpindahan kalor. Rancangan penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil dari rancangan penelitian tersebut ditelaah kemudian divalidasi dan diujicobakan sehingga menghasilkan media pembelajaran Game Petualangan Sains yang valid, efektif dan praktis. Game yang dikembangkan telah divalidasi oleh guru IPA, dosen IPA dan dosen ahli media dan diujicobakan kepada 12 siswa SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto, kemudian data yang diperoleh dianalisis. Hasil analisis menunjukkan Game Petualangan Sains valid sebagai media pembelajaran pada materi perpindahan kalor dengan skor 91,11% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba Game Petualangan Sains dinyatakan efektif dan praktis sebagai media pembelajaran pada materi perpindahan kalor. Maka Game Petualangan Sains layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Perpindahan Kalor. Kata kunci: media, Game Petualangan, kelayakan. Abstract Development research of Science Adventure Game which aims to produce a decent game (valid, effective and practical) as a medium of learning in heat transfer material. The design used was a model 4D that include define, design, develop and disseminate. But in this research the disseminate phase is not done. Results of the research design examined then validated and tested on a limited basis so as to produce instructional media Science Adventure Game is valid, effective and practical. Game developed has been validated by science teachers, science lecturer, media expert lecturers and tested on 12 students of SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Result of the analysis showed Science Adventure Game is valid as a learning medium in heat transfer material with a score of 91.11% categorized as very good. Based on trial results Science Adventure Game declared effective and practical as a learning medium in heat transfer material. Keywords: media, Adventure Game, feasible.