IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Authors: RIZKY NUR EKANINGTYAS, SANIA, , SULIYANAH, QOSYIM, AHMAD
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12670
Daftar Isi:
  • Abstrak   Penelitian ini dilatarbelakangi pada abad 21 keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menghadapi pesatnya perkembangan terknologi informasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan hasil pra-penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VII F di SMPN 2 Buduran diketahui bahwa 63% siswa masih memiliki keterampilan berpikir kurang kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran guided discovery materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji-t berpasangan, serta uji gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterampilan berpikir kritis sebesar 58,98% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi. Kata Kunci: Guided Discovery, Keterampilan Berpikir Kritis, Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya   Abstract The background of this research in the 21st century skills of critical thinking is needed in the face of the rapid development of advanced electronic information as well as the advancement of science and the results of pre-research that has been done in class VII F in Junir High School 2 Buduran known that 63% of students still have a lack of critical thinking skills. This study aimed to describe the critical thinking skills of students after application of guided discovery learning model material interaction between living things and their environment. This type of research is pre-experimental research design with one group pre-test-post-test design. The data obtained in this study is the result of pretest and posttest students. This study uses data analysis techniques including normality test, paired t-test, and the test score gain. The results showed that the application of the material guided discovery learning model the interaction between living things and their environment can trying critical thinking skills of students as indicated by the results of the critical thinking skills 58,98% of students have higher critical thinking skills. Keywords: guided discovery, critical thinking skills, interaction between living and environment.