ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Main Authors: | PUTRI PRIANIDYA, AZMI, , WISANTI, SETIAWAN, BENI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12646 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian tentang analisis miskonsepsi melalui metode Certainty of Response Index (CRI) pada mata pelajaran IPA bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP kelas VII pada mata pelajaran IPA dengan metode CRI dan mendeskripsikan penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami oleh siswa SMP kelas VII pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester genap tahun pelajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Cikarang Timur, SMP Negeri 2 Cikarang Pusat, dan SMP Negeri 4 Cikarang Utara dengan subyek penelitian sebanyak 113 siswa. Hasil penelitian melalui tes diagnostik menunjukkan persentase miskonsepsi terbesar adalah di SMP Negeri 1 Cikarang Timur yaitu konsep yang menyatakan bahwa suhu air mendidih tergantung dari massa materi ataupun nyala api dengan persentase sebesar 89,2%. Miskonsepsi yang paling kuat yang dialami oleh siswa adalah pada konsep ciri-ciri makhluk hidup dengan rata-rata nilai CRIS sebesar 3,23. Penyebab miskonsepsi menunjukkan bahwa persentase terbesar adalah di SMP Negeri 1 Cikarang Timur menunjukkan bahwa siswa tidak bertanya kepada guru jika tidak memahami konsep yang dijelaskan dengan persentase 100%, hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab miskonsepsi pada siswa. Penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa dari hasil wawancara dengan guru IPA antara lain adalah pemikiran awal yang dimiliki siswa, konsep awal yang diterima oleh siswa, bahasa yang digunakan guru saat mengajar, pemahaman siswa yang kurang pada suatu konsep, metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran dan guru yang tidak sesuai bidang pada materi yang akan diajarkan kepada siswa. Kata Kunci: miskonsepsi; CRI (Certainty of Response Index); tes diagnostik; dan konsep IPA. Abstract Research on misconceptions analysis through methods Certainty of Response Index (CRI) in science subjects aims to describe the results of the analysis of misconceptions that occur in seventh grade junior high school students in science subjects with CRI method and describe the cause of the misconception that experienced by junior high school students on a class VII in science subjects. Method in this research is descriptive and survey methods. This study was conducted in April even semester academic year 2014/2015 in SMP Negeri 1 Cikarang Timur, SMPN 2 Cikarang Pusat, and SMP Negeri 4 Cikarang Utara with as many as 113 students study subjects. Results of the study through diagnostic tests showed the largest percentage misconception is in SMP Negeri 1 Cikarang Timur is the concept that the temperature of boiling water depends on the mass of material or the flame with a percentage of 89.2%. The most powerful misconceptions experienced by students is on the concept of the characteristics of living things with an average value of 3.23 CRIS. Causes of misconceptions shows that the largest percentage is in SMP Negeri 1 Cikarang Timur shows that students do not ask the teacher if it does not understand the concepts described with a percentage of 100%, it can be one of the causes of misconceptions in students. Causes of misconceptions that occur in students from interviews with science teachers, among others, are the initial thoughts of the students, the initial concept accepted by the students, the language used when teachers teach, students who lack the understanding of a concept, the method used by the teacher during lessons and teachers who do not fit in the field of material that will be taught to students. Keywords: misconception; CRI (Certainty of Response Index); diagnostic test; and science concept.