PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VII

Main Authors: NURBENITA PUTRI, HIRANTI, , WISANTI, NURUL HIDAYATI, SITI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12617
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi pencemaran air di kelas VII yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran PBI, aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test-Post-test Design. Sasaran penelitian ini  adalah siswa kelas VII-2 dan VII-6 SMP Negeri 1 Sidoarjo. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Mei. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran PBI pada kelas VII-2 dan kelas VII-6 berkriteria sangat baik pada pertemuan 1 dan pertemuan 2, dengan persentase berturut-turut sebesar 100% dan 100%. Aktivitas siswa memiliki kriteria sangat baik dengan rata-rata sebesar 99,5 dan 98,6. Dari analisis uji Paired Sample T-test pada program SPSS 16.0 diketahui nilai signifikansi hitung < 0,05 yaitu sebesar 0.000 (tak terhingga) sehingga ada perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test sehingga menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keterampilan proses sains awal siswa adalah 17,2 menjadi 94,4 dengan ketuntasan siswa sebesar 100% pada kelas VII-2 dan 17,3 menjadi 90 dengan ketuntasan siswa sebesar 100% pada kelas VII-6. Siswa memberikan respons postif sangat baik terhadap proses pembelajaran dengan model PBI  sebesar 99% dan 96,6%. Kata Kunci: Problem Based Instruction, Keterampilan Proses Sains   Abstract It had been done the study about the implementation of learning model Problem Based Instruction on water contamination in the seventh grade which was aimed to describe the implementation of PBI, students activity, and science process skill’s improvement. This study was Experimental Study which used One Group Pre-test-Post-test Design. The subject of this study was students of VII-2 and VII-6 class in SMP Negeri 1 Sidoarjo. Time’s this study on April until May.The result of this study shows that the implementation of PBI in VII-2 and VII-6 class has good result on the first and second meeting with the percentage successively 100% and 100%. The students activity also shows the good result with the percentage about 99.5% and 98.6%. From the analysis using Paired Sample T-test by SPSS 16.0 program, it is known that significant value < 0.05 is 0.000 (infinite) so that there is significant difference between the result of pre-test and post-test and it shows that science process skill is also improved. The beginning average score of science process skill is 17.2 become 94.4 with the completeness is about 100% in VII-2 class and 17.3 become 90 with the completeness is about 100% in VII-6 class. The students also give positive response toward the learning process using PBI model with the percentage 99% and 96.6%. Keywords: Problem Based Instruction, Science Process Skill.