PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA
Main Authors: | WINNING WIDYASTUTI BM, ANJAR, , SULIYANAH, NURUL HIDAYATI, SITI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12614 |
Daftar Isi:
- Abstrak Proses pembelajaran diharapkan dapat mengajak siswa mengkonstruksi informasi dan konsep yang didapat untuk memecahkan masalah yang diberikan. Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) memiliki karateristik konstruktivis sehingga dapat membantu siswa untuk membangun dan menemukan informasi untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Learning Cycle (5E) secara teoritis dan empiris pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan hasil belajar. Desain pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), tanpa melakukan tahap Disseminate. Kegiatan pengembangan dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya perangkat pembelajaran diujicobakan secara terbatas kepada 16 siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran secara teoritis berdasarkan hasil validasi silabus, RPP, dan LKS dengan rata-rata sebesar 95,20% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan perangkat secara empiris berupa keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,08% pada pertemuan I dan 89,16% pada pertemuan II dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian sikap dan keterampilan siswa menunjukkan 100% siswa tuntas, hasil pre test dan post test siswa menunjukkan 100% tuntas dengan peningkatan gain skor sebesar 0,64 dan berkategori sedang, dan respon siswa sebesar 93,75% siswa memberikan respon positif pada kegiatan pembelajaran serta 96,87% terhadap penggunaan LKS. Hasil tersebut menunjukkan perangkat pembelajaran model Learning Cycle (5E) yang dikembangkan layak secara teoritis dan empiris. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Learning Cycle (5E), Hasil Belajar. Abstract The learning process is expected to encourage students to construct obtained information and concepts to solve a given problem. Learning Model Learning Cycle (5E) has a constructivist characteristics that can help students to build and find information to solve problems. This research aims to develop learning tools Learning Cycle model (5E) theoretically and empirically on the material heat and displacement to improve learning outcomes. Research and development of learning tools developed referring to the model 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate), but do not Disseminate stage. Development activities carried out in the Department of Education Science, State University of Surabaya. Furthermore, the learning device tested on a limited basis to the 16 students of Class VII SMP Negeri 36 Surabaya. Results showed theoretically learning device based on the results of validation of syllabus, lesson plans, and worksheets with an average of 95.20% with a very decent criteria. Feasibility empirically device in the form of feasibility study amounted to 92.08% in the first meeting and 89.16% in the second meeting with the criteria very well, the results of students' attitudes and skills assessment shows 100% of students completed, the results of pre-test and post-test students showed 100% due to an increase in gain scores of 0.64 and medium category, and student responses for 93.75% of students responded positively to the learning activities as well as 96.87% against the use of worksheets. The results showed the model learning Learning Cycle (5E) developed feasible theoretically and empirically.