IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM POSING UNTUK MELATIHKAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 22 SURABAYA
Main Authors: | YUDIWATI BM, RINA, , ERMAN, RATNASARI, EVIE |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12613 |
Daftar Isi:
- Abstrak Keterampilan Problem solving sangat dibutuhkan dalam pembelajaran IPA karena bukan hanya untuk mengetahui dan memahami tetapi untuk lebih menekankan pada pola berfikir siswa agar dapat menguasai dan memecahkan masalah. Keterampilan Problem solving dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Problem Posing. Problem posing siswa membentuk asosiasi untuk merumuskan soal dan mengajukan masalah yang lebih kreatif dan melakukan pemecahan masalah (Problem solving) yang lebih efektif karena dalam model pembelajaran Problem posing siswa mendapat pengalaman langsung dalam merumuskan dan memecahkan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) keterlaksanaan model Problem posing pada materi Pencemaran Lingkungan, (2) peningkatan keterampilan problem solving siswa dan (3) respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sasaran penelitiannya adalah siswa kelas VII-A SMP N 22 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan pada pertemuan pertama 3,36 (baik), pada pertemuan kedua 3,65 (sangat baik). Hasil perhitungan dengan uji normalitas diperoleh diperoleh nilai Sig. sebesar 0,134 >0,05, ini berarti sampel berdistribusi normal. Dari analisis pada uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan untuk tiap aspek keterampilan proses sains. Perbedaan hasil pretest dan posttest dikatakan signifikan, dibuktikan dengan uji-t diperoleh thitung (18,415) > ttabel (1,58) dengan taraf signifikan α = 0,05. Siswa memberikan respons jawaban positif sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan Problem solving siswa kelas VII-A SMP N 22 Surabaya. Kata kunci : Model Problem Posing, Keterampilan Problem Solving Abstract Problem solving skills are needed in science learning because is not only to know and understand, but to put more emphasis on students' ways of thinking in order to master and solve problems. Problem solving skills can be improved by using the model of Problem Posing. Problem posing students to form associations to formulate questions and propose a more creative problems and do problem solving (problem solving) is more effective because the problem learning model posing student gets hands-on experience in formulating and solving problems.This study aimed to describe about (1) adherence to the model Problem Posing of the environmental pollution sub material, (2) improving students' problem solving skills, and (3) the response. This type of research is the study of pre-experimental design with one group pre-test post-test design. Target of research is class VII-A SMP N 22 Surabaya. The results showed that the results of feasibility at the first meeting of 3.36 (good), at the second meeting of 3.65 (very good). The calculation result obtained by normality test values obtained Sig. amounted to 0.134> 0.05, this means that the samples are normally distributed. From the analysis of the N-Gain trials showed an increase for every aspect of the science process skills. Differences in pretest and posttest results said to be significant, as evidenced by the t-test obtained t (18.415)> t table (1.58) with significance level α = 0.05. Students give a positive answer response by 95%. It can be concluded that the Problem Posing learning model can be used to improve problem solving skills of students of class VII-A SMPN 22 Surabaya. Keywords: Model Problem Posing, Problem Solving Skills