IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO

Main Authors: NISAUL ISTIQOMAH, NURUN, MULYANRATNA, MADEWI, ASTRIANI, DYAH
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/12602
Daftar Isi:
  • Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, peningkatan keterampilan proses sains, dan respon siswa terhadap implementasi model Learning Cycle 5E pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah purposive sample, sehingga sampel tersebut siswa kelas VII-6. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengamatan pada keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes keterampilan proses sains dan angket respon siswa. Metode yang digunakan dalam menganalisis data keterlaksanaan pembelajaran adalah dengan menghitung skor rata-rata setiap aspek dan fase sesuai dengan kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Metode analisis data aktivitas siswa dengan menggunakan skor rata-rata persentase, analisis data peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan uji N-Gain (gain score <g>) dan data respon siswa dengan menghitung skor rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi model Learning Cycle 5E pada materi suhu dan perubahannya berlangsung secara efektif dengan skor rata-rata pertemuan I, II, dan III adalah sebesar 3,52, 3,53, dan 3,77 dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa yang dominan adalah melakukan diskusi antar siswa sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung (23,78%). Aktivitas siswa yang jarang muncul adalah siswa mengamati gambar, video atau demonstrasi yang dilakukan oleh guru (8,53%). Rata-rata gain score <g>, keterampilan proses sains siswa untuk pre-test dan post-test adalah sebesar 1,20 dan 2,82 sehingga mengalami peningkatan sebesar 0,6 (kategori sedang). Rincian seluruh aspek keterampilan proses sains berdasarkan acuan kriteria Hake adalah untuk mengamati dalam kategori tinggi sedangkan lima aspek lainnya dalam kategori sedang. Respon siswa sangat kuat (88,04%) yang memberikan respon positif. Kata Kunci : Learning Cycle, Keterampilan Proses Sains   Abstract This research is aimed to describe the learning achievement, students activity, science process skills enchacement, and students’ responses to the learning cycle implementation model 5E on temperature and the changes subject at seventh grade students’ class in SMP Negeri 1 Sidoarjo. This research employed the descriptive qualitative research. The data were analyzed by using pre-experimental design with one-group pretest-posttest design research program. The population  used all of the seventh grade of SMP Negeri 1 Sidoarjo. The sampling technique  in this research was purposive sample, and the sample was VII-6 students’ class. The data collection technique was observation on learning achievement and students’ activities, science process skills test and students’ quistionnaire responses. A method used in analyzing learning achievement data by counting the average score each aspect and phase based on learning assessment criteria. The data anaysis method on students’ activity used the averge percentage score. The data analysis in science process skills enchacement used the N-gain test (gain score <g>) and students’ responses data by counting the average percentage score. The result showed learning achievement by learning cycle implementation model 5E on temperature and the changes subject was held effectively with average score meeting I, II, and III was in the amount of 3,52, 3,53, and 3,77 and the category was excellent. The dominant students’ activity was a discussion between students in observing image, video, or teachers’ demonstration. The gain score average <g> students’ science process skills for pre-test and post-test in the amout of 1,20 and 2,82 so that come through an encahacement in the amount of 0,6 (medium category). The details all aspects of science process skills based on reference criteria Hake, that is used to observe in high category whereas another five aspects in medium category. The students’ responses was strong (88.0%), it gave a positive responses. Keywords: Learning Cycle, Science Process Skills